Retro Bike



Motor Tua itu kini tengah naik daun. Disamping harganya yang murah juga enak buat dimodifikasi karena bisa dicangkokan komponen mesin generasi HONDA semisal GL 100, GL PRO, TIGER juga bisa mencaplok komponen motor lain semisan SHOCK Depan RX-KING dll.

Dipenghujung tahun 2000 an motor ini cuma dihargai sekitar 300 Ribuan , lalu naik menjadi 700 ribuan , 2 tahun yang lalu masih sekitar 1 jutaan dan ditahun ini harganya melejit lagi sekita 1,8 jutaan. Fantastik.... itu semua berkat ulah para modifikator yang menjadikan motor CB ini sebagai BASIS MOTOR MODIFIKASI. Tapi untuk modifikasi SPEED alias LARI atau untuk TRAIL CC yang kecil tidak mumpuni maka harus di BORE UP dengan menggunakan SEHER TIGER. Biaya yang dikeluarkanpun jadi membengkak. Saran untuk yang mau modif CB lebih baik ambil basis yang 1 atau 2 Tingkat diatasnya semisal GL 100 , atan GL PRO lebih enak dimodifnya karena mesin nya lebih gampang dan MURAH dimodifikasi

review tentang motor honda cb100
Motor ini menurut saya bagus dan cocok untuk penggunaan dalam kota dan perjalanan santai. Tapi tau sendiri kan orang Indonesia? Kreatif semua, motor jenis apa pun, keadaan bagaimana pun , , bisa dibawa lari. Tinggal sebut , , mau diajak ngebut segimana!! jadi !!

Desain Motor!
ok . . saya ingin bahas tentang honda CB100. Karena tentunya saya pengendara honda cb100. Untuk desain motor ini, menurut saya berada pada masa peralihan (menurut saya loh). Dimana bentuk klasik dan mulai modern , , sedang beralih. Bisa dilihat dari tahun awal pembuatannya. yaitu tahun 1970-an. (CMIIW). Dan masa peralihan ini bertahan hingga mencapai tahun 1980-an. Dimana bentuk dari motor ini masih serupa hingga mencapai tahun 1980.


Tangki masih ouval bulat, namun sudah mempunyai lekuk pada bagian tulang-tulang tangki. Rangka bagian depan masih mengarah pada tipe motor klasik, namun yang membedakannya adalah, pada bagian fork depan dan juga shockbreaker belakang, sudah mulai mengarah ke arah tipe motor modern, Dengan penggantian jenis fork depan dan shocbreaker belakang yang lebih menunjang performa motor.. Tipe klasik (terutama eropa & amerika) banyak mengunakan tipe rigid pada bagian belakang, dan juga fork depan menggunakan jenis springer. Yang mana masih sangat klasik. Juga desain logo dan perbedaan "kembang" pada masing-masing ban, baik ban belakang maupun ban depan. Tidak lupa desain dan bentuk sign lamp dan juga spion.

Warna!
Warna honda CB lansiran 70an masih sangat minim permainan warna, jiga jenis cat. Dikarenakan belum terlalu berkembangnya dunia industri motor pada jaman itu (bila dibandingkan dengan industri motor jaman sekarang). Namun warna asli honda CB sangatlah indah, karena kental sekali dengan nuansa klasiknya. Terutama pada bagian jenis cat.

Akselerasi!
Sayang sekali saya tidak pernah mencoba motor ini pada tahun 70-an, secara , , saya belum lahir pada dekade tersebut. Jadi bener-bener penasaran dengan performa akselerasi yang aslinya. Untuk jaman sekarang sih, sisa-sisa honda CB yang ada, "jeroan-nya" dah banyak diganti alias dikanibalkan. Barhubung di Indonesia spare part milik honda GL pun masuk untuk honda CB juga. Namun dengan keadaan motor CB sekarang ini, dari yang pernah saya tunggangi (baik milik sendiri maupun milik teman), akselerasi motor ini masih menunjukan performa yang bagus. Namun sayang, kebanyakan akselerasi ini hanya bertahan selama 3-4 detik saja. sedih juga. Namun, untuk ukuran motor tua ? masih berani lah di adu dengan motor bebek lansiran 90-an. ahahahahahaha . . . .

Power!
Klo untuk power honda CB, milik motor saya sih, dia memiliki power yang besar di kelasnya. Mungkin ini salah satu alasan, kenapa motor ini dahulu merupakan juara jalanan.


Kenikmatan Berkendara!
soal kenikmatan, saya pribadi lebih menikmati berkendara dengan motor ini secara pelan dan santai. Lebih terasa nikmatnya. Namun untuk dibawa lari juga, saya juga mau. meskipun kadang-kadang. karena merasa kasian klo dibawa lari terus. Sering menjerit. Mesinnya seakan berteriak aduuuuuh...........kasian kan!!!!!!!


0 komentar:

Posting Komentar